Tips Ampuh Membersihkan Rantai Motor Agar Tidak Berkarat

Tips Ampuh Membersihkan Rantai Motor Agar Tidak Berkarat Ala Blog Motor Moladin- Rantai adalah salah satu spare part penting dalam motor yang butuh perhatian khusus. Tak jarang karena kurangnya pengetahuan pengguna motor mengenai cara maerawatnya, rantai jadi mudah berkarat dan rusak. Nah, jika sudah rusk tentu harus diganti dan mengeluarkan biaya lagi. Untuk itu, kami siapkan tips dan trik berikut tentang cara membersihkan rantai motor Anda agar tidak mudah berkarat. Adapun tips perawatannya adalah sebagai berikut:

Bersihkan Rantai dalam Keadaan “Hangat”

Kondisi hangat yang dimaksud disini adalah kondisi dimana motor habis digunakan untuk berkeliling misalnya. Hal ini sangat penting agar rantai berada dalam kondisi yang siap untuk dibersihkan. Nah, selain itu posisikan juga motor Anda dalam kondisi tegak dengan memanfaatkan standar tengah. Jika memungkinkan, gunakan juga alat bantu kain yang bisa menopang bagian belakang motor Anda menjadi lebih tinggi, tujuannya agar Anda semakin mudah ketika melakukan proses pembersihan rantai.

Gunakan Spray Khusus Untuk Membasahi dan Membersihkan Rantai

Setelah motor berada pada posisi yang pas, Anda dapat memulai pembersihan rantai dengan menyemprotkan spary khusus untuk membasahi rantai. Spray ini digunakan agar semakin memudahkan Anda membersihkan kotoran bekas oli atau pun debu jalanan yang menempel pada rantai. Jangan lupa juga gunakan alas karton atau kardus ya agar kotoran rantai tidak mengotori lantai saat menyemprotkan spray. Untun informasi mengenai produk spray khusus ini Anda dapat melihatnya di blog motor Moladin.

Bersihkan Sela-sela Rantai Dengan Sikat Gigi

Setelah rantai disemprot spray khusus, bersihkanlah sela-sela rantai menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan sisa kotoran yang tak terangkay dengan spray. Jangan lewatkan satu bagian pun ya, agar rantai motor Anda bersih dan tak cepat rusak atau karatan. Selain sikat gigi, Anda juga bisa menggubakan sikat khusus rantai agar pembersihan semakin optimal.

Bilas Dengan Air Mengalir

Jika proses menyikat telah selesai, lanjutkan pembersihan dengan membilas rantai. Gunakanlah air yang mengalir ketika membilas agar kotoran yang menyangkut di rantai dapat ikut mengalir. Hindari penggunaan air dengan cara disemprotkan seperti spray karena kotoran yang menyangkut mungkin tak ikut terkena bilasan.

Semprot Rantai dengan Pelumas

Setelah proses pembersihan selesai, keringkan rantai dan semprotkan pelumas di seluruh permukaan rantai secara merata. Jangan lupa untun menggunakan alas karton atau kardus ketika melumasi rantai ya, agar pelumas tak mengotori lantai. Informasi lain mengenai produk pelumas dapat dicari di blog motor Moladin.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika membersihkan rantai motor. Catatan juga bagi Anda, ketika membersihkan rantai cobalah juga untuk membersihkan sproket motor Anda, karena bagian ini juga sangat rentan kotor. Gunakan lap yang sebelumnya telah direndam detergen untuk membersihkan sproket. Jika nod adi sproket membandel, coba gunakan pisau dempul berbahan plastik yang akan wmmudahkan Anda mengangkat kotorannya. Mau info lain seputar tips dan trik otomotif? Kunjungi saja blog motor Moladin situs motor terbesar di Indonesia!

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*